Keamanan Sensor Sidik Jari Tidak Lagi Terlihat Pada Bagian Luar, Tapi Berada Dibawah Layar

Kembali melihat ke belakang pada keamanan yang ada pada Smartphone Flagship Apple yakni iPhone X dengan keamanan Face ID atau pengenal wajah. Itu adalah keamanan yang di kembang Apple beberapa tahun belakangan ini.

Tapi pada keamanan Fingerprint atau pemindai sidik jari juga kali ini akan hadir dengan gaya dan tampilan baru. Dimana pada 2018 pemindai sidik jari atau Touch ID tidak akan terlihat lagi pada bodi bagian luar depan atau pun belakang bodi.

Pengembang di Synaptics akan hadirkan inovasi baru dalam keamanan pemindai sidik jari baru. Dengan Clear ID FS9500 yang di luncurkan, ini memungkinkan para produsen Smartphone Android tidak lagi menempatkan pemindai sidik jari pada bagian luar Smartphone melainkan di bawah layar.

Clear ID sendiri akan berjalan hanya pada layar OLED dan itu harus benar-benar di pasangkan. Saat diaktifkan, sensor FS9500 akan menggunakan bagian panel OLED di atasnya untuk menerangi sidik jari yang ada di sana. Cahaya yang dipantulkan oleh jari pengguna kemudian melewati kembali substrat layar OLED untuk diproses oleh sensor itu sendiri.

Sensing jari hanya satu perhatian dengan biometrik, tentu saja. Synaptics menjanjikan informasi biometrik pengguna akan dilindungi oleh rangkaian teknologi keamanan dan anti-spoofing SentryPoint .

FS9500 dapat secara adaptif memperbaiki pengenalan sidik jari pengguna, menolak reproduksi cetakan pengguna, dan melindungi informasi saat transit dari sensor ke host menggunakan enkripsi TLS, AES, dan ECC untuk memastikan keamanan dan keasliannya.

Perusahaan juga mencatat bahwa karena sensor tertanam di bawah layar, jauh lebih baik siap menahan kelembaban, pelecehan, dan kotoran dari pada tombol yang terpapar eksternal.

Meskipun perusahaan tersebut belum mengumumkan adanya perancangan hari ini. Namun Sensor Sidik Jari dengan Inovasi terbaru ini akan di bawah pertama kalinya oleh ponsel CES 2018. Entah Samsung Galaxy S9 akan membawah Inovasi baru ini kita pun belum tau pasti.

Sumber :  Tech Report

Sumber: www.dirmank.id