Masalah-masalah yang Timbul Saat Xiaomi Mi A1 di Upgrade ke Oreo

Masalah Xiaomi Mi A1
Dock : MM Geeks
Beberapa waktu lalu Xiaomi telah meluncurkan pembaruan OS Oreo ke perangkat Mi A1 . Namun saat ini pengiriman pembaruan OS di hentikan, karena banyaknya keluhan yang di laporkan oleh pengguna.

Tidak ingin di anggap ingkar janji, perusahan asal China besutan Lei Jun itu telah meluncurkan pembaruan sistem operasi ke perangkat Mi A1 tepat pada 1 hari sebelum pergantian tahun 2017. Alhasil kebanyakan pengguna mendapati masalah setelah update ke Android 8.0 Oreo, karena update yang di lakukan Xiaomi belum  sepenuhnya sempurna.

Ada pun masalah yang di alami oleh pengguna setelah update OS antara lain, sebagai berikut ini yang kami kutip dari laman Detikcom Senin 15 Januari 2018.

  • Aplikasi kamera tidak responsif
  • Aplikasi Dial tidak responsif
  • Sejumlah aplikasi pihak ketiga tidak mau terbuka atau berjalan
  • Swipe pada sensor gesture di fingerprint tidak berjalan
  • Tombol recent app tidak responsif
  • Sensor ambient light tidak responsif
  • Baterai boros
  • Gangguan pada koneksi WLAN

Masalah lain yang di temukan pengguna Mi A1, setelah di minta oleh tim Detikcom untuk menulis keluhan mereka tak sedikit.

Contohnya saja Felix S Dani. Dia mengatakan setelah update Oreo, ketika Mi A1 miliknya keluar dari zona Wi-Fi, data sering tidak otomatis hidup. Selain Felix, pengguna Bramantyo Adhi N juga mengalami hal serupa. Saat mengalami masalah tersebut, dia harus restart ponselnya atau on-off mode pesawat.

Keluhan lain juga di almi pengguna yang bernama Susanto. Dimana iya melaporkan aplikasi kameranya tidak berjalan, dan meminta direstart. Sementara Ichsan Ibatzz merasa baterai ponselnya lebih boros dari sebelumnya.

Dan yang paling merasakan masalah yang berat dan beda dari yang lain dialami oleh Dede Hartawan dan Mhiela Ferdian Syah. Keduanya mengalami semua masalah yang telah disebutkan dalam artikel.

Namun, kendati demikian banyaknya keluhan yang dialami pengguna, salah satu dari pengguna Mi A1 justru tidak mendapatkan masalah sedikit pun. Menurut setalah iya melakukan update Android Oreo semuanya lancar-lancar saja. Penguna lain menuturkan sistem operasi ini masih baru, jadi masih wajar bila ditemui bug ketika dirilis.

"Kami mengirimkan Android Oreo ke Mi A1 beberapa hari lalu. Kami mendapati masalah di mana pengguna tidak dapat melakukan panggilan telpon atau mengalami delay," tulisnya Xiomi pada balasannya ke pengguna yang melapor di forum Mi.

Dengan banyaknya keluhan maka Xioami menhentikan pembaruan ini. Namun pengguna tidak perlu khawatir pasalnya Xiaomi hanya melakukan perbaikan bug dan error yang dialami pengguna. Setelah di rasah sempurna tentu update sistem operasi Android Oreo segera di luncurkan kembali.

Sumber: www.dirmank.id